Panduan Riset Kata kunci (Keyword Research) Untuk Pemula

Panduan Riset Kata kunci (Keyword Research) Untuk Pemula

A. Definisi:
Riset: proses mencari, mengumpulkan, memilah dan memilih sebuah frase pencarian search engine (google, bing, baidu, excite dll).
Katakunci: semua bentuk input baik teks maupun audio yang dimasukkan visitor ke mesin pencarian.




B. Manfaat dan  Kelemahan:
Manfaat riset katakunci:
1.Mempermudah anda mendesain web Anda secara keseluruhan
2.Mempermudah penulisan konten.
3. Meningkatkan konversi website.
4. Memfilter traffic berkualitas.
5. Memperbaiki kualitas website Anda dimata Google
Sementara kelemahannya terletak diproses riset katakunci itu 
1. Sangat melelahkan dan 
2. Hasilnya belum tentu seperti yang kita harapkan.
Mengapa? Sebabnya simpel saja: kompetitor anda tidak akan tinggal diam 😛 / mereka juga akan mempertahankan dan kalau bisa memperbaiki posisinya.
C. Mindset dan Social Sacrifice
Ini soal Mindset dan Modal.
Ingatlah: SEMUA katakunci layak dan bisa dikejar asal Anda mampu! Jadi tidak ada istilah katakunci itu berat atau ringan.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama di sini diantaranya: aged domain, hosting, backlink, tool premium, artikel, uang, waktu, skill dan mental.
D: Menetapkan Target:
Target di sini ada empat fokus:
1. Posisi: Posisi di search engine spt Hal 1 Nomer 5.
2. Waktu: Rentang waktu yang dibutuhkan web anda untuk mendapatkan posisi ranking yang anda inginkan. 
3. Modal / Usaha: Ketersediaan modal / usaha yang anda sediakan untuk mencapai posisi yang ideal.
4. Konversi: Besaran konversi yang terjadi seperti yang Anda prediksi tanpa memandang posisi, waktu dan modal/usaha.
E. Menentukan Konversi:
NOT all keywords are equal. Tidak semua katakunci memiliki bobot yang sama. Satu-satunya standar menentukan 'keberhasilan' sebuah katakunci adalah konversi.
Yaitu seberapa besar 'tindakan visitor' yang anda harapkan terjadi ketika berada di website Anda.
Ada banyak macam konversi, diantaranya:
1. Click to PPC ads
2. Buy
3. Subscribe
4. Browsing
5. Comment / Share
6. Impression
7. Click to non-PPC ads
8. Leads
9. Branding / Awareness
F. Melihat Kompetitor:
Jelas SUDAH ada kompetitor yang menanti anda di Search Engine. Semakin bagus sebuah katakunci, semakin ketat persaingan.
Cobalah lihat kompetitor anda lewat katakunci yang ingin Anda bidik. Jangan malas hanya membuka halaman 1. Lakukan sampai hal.10.
Dengan mengetahui siapa saja bakal kompetitor Anda, anda akan tahu seberapa 'berat beban anda' nantinya.
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan di sini adalah:
1. Website berAuthority
2. Website News
3. Website Marketplace
4. Website Resmi / Govermental
5. Website Pribadi
6. Website Winners/Losers
7. Website AGC
8. Website Spamming
9. Website Fresh
10. dan tentu saja Website Anda sendiri!
G. Avatar / Intention Visitor:
Besaran konversi seringkali ditentukan oleh avatar visitor Anda atau istilah kerennya demografi traffic.
Elemen demografis diantara:
1. Gender
2. Umur
3. Pekerjaan
4. Device: Desktop / Smartphone
5. Waktu browsing
6. Preferensi Social media
7. Income
8. Pendidikan
9. Buying Power
10. Lokasi
Semua elemen demografis ini SANGAT menentukan kesuksesan anda dalam memilih katakunci yang ingin Anda kejar.
Jadi saya sarankan, selesaikan PR avatar ini dulu sebelum Anda mulai langkah riset katakunci.
H. Macam Katakunci:
Macam katakunci itu bejibun, berikut beberapa diantaranya:
1. Evergreen / selamanya.
Mis: cara mengecilkan perut
2. Seasonal / berbatas musim
Mis: baju sinterklas laki-laki
3. Recycling / akan muncul dalam periode tertentu
Mis: Fungsi Paru-paru Buku Tema Biologi Manusia Hal 76
4. Product Related / terkait produk
Mis: TV LED Samsung 32 inch
5. Comparasion /  Perbandingan 
Mis: Keungguhlan Fortuner vs Alphard
6. Bulk-in / Volume Besar
Mis: Distributor AC Philips
7. Location / terkait lokasi
Mis: Sepatu Nike 'Model' COD Jakarta
8. Trending / One time search
Mis: Live Streaming Indonesia vs MU 
9. Review / Ulasan
Mis: Review Levidio The Feed
De el el
I. Memilih Katakunci
Pertama-tama pahami jenis konversi apa yang ingin Anda kejar, selanjutnya hanyalah masalah teknis dan modal 😛
Di bagian ini mostly terpaksa Anda harus memakai tool free / berbayar, spt Keyword Planner, Ahrefs, Spyfu, Ubersuggest dll, jika tidak tangan anda bisa keriting.
Sekali lagi, di sini: iNGATLAH selalu Point C di atas.
1. Jumlah pencarian per bulan. Angka ideal adalah minimal 10.000 search itu sudah layak dikejar.
2. Persaingan. Lihat Point F.
3. AllinTitle: Idealnya tidak lebih dari 25.000 karena semua blogger pasti tidak akan melewatkan posisi ini.
4. AllinURL: cukup di angka 5.000 sudah harus berani karena hanya meraka yang melek SEO yang sadar ini.
5. Katakunci Dalam Artikel. Bila tercium kerapatan (keyword density) yang ideal (2-5%) hati-hati! Gunakan tanda "katakunci" di search bar.
6. Aged Domain: Ini soal Uang!
7. Hosting: idem #6.
8. Backlink: Money Rules! Anda bisa mengintip macam dan volume backlink dengan tool berbayar spt Ahrefs.
J. ADVICE: Jadi katakunci apa yang sebaiknya saya pilih?
Ini pertanyaan yang sering muncul di DM. Biasanya saya jawab:
1. Jika anda baru belajar - sembarang katakunci! BIAR mereka berdarah-darah dulu 😛
2. Pilihlah katakunci yang senafas dengan tema umum web Anda sehingga authority web Anda bisa cepat matang.
3. Ketersediaan informasi di offline / online. Ini akan mempermudah riset dan menulis artikelnya.
4. Pilih katakunci yang memiliki efek konversi besar
5. Jawaban #4 biasanya terletak di longtail keywords 
6. DAN memiliki banyak turunannya (lihat Google suggestion list)
7. Bisa Anda tulis! Nonsense riset doang kalau akhirnya anda tidak bisa menuangkannya dalam bentuk artikel seo-friendly.
K. Eksekusi:
Riset katakunci tanpa eksekusi ibarat orang nikah tanpa ML - mubadzir.
Ini penting saya cantumkan agar Anda memiliki perspektif lebih luas dan tidak terhenti pada riset katakunci saja, lalu ditinggalkan.
Baca postingan saya lainnya untuk eksekusi (panduan menulis artikel seo-friendly)
L. Maintenance:
Tugas Anda selesaia? Belum Bambang! Jangan dikira setelah menulis artikel, tugas Anda selesia? Merengsek di Search Engine itu mudah,
tapi memelihara posisi agar tidak tergeser atau tenggelam itu lebih melelahkan karena tidak hanya Anda yang menarget riset katakunci tersebut.
M. Tabulasi:
Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan rumah di atas, sebaiknya Anda mendisiplinkan diri dengan mempermudah pekerjaan Anda.
Tabulasi adalah menyajikan semua data riset katakunci dalam tabel Excel sehingga anda bisa dengan mudah memanajemen web Anda secara keseluruhan.
Tabulasi ini juga berguna jika Anda memperkerjakan Team SEO.
O. Penutup
So, masih mau riset katakunci Bambang? 😛
Tentu anda punya 'pendekatan sendiri\ dalam riset katakunci, ini hanya referensi saja. 
Semoga bermanfaat.
Mbah Katob
Petani tebu yang kebetulan punya satu web: AkademiMbahKatob.com

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form